Tertarik Menanam Cabai Merah? Ini Waktu yang Paling Tepat

0
Ladang/ Sawah Petani Kabupaten Blora

Musim hujan khususnya di wilayah Blora dalam sepekan terakhir ini terbilang cukup tinggi. Pantauan redaksi ke penggarap sawah (Petani) pada hari kamis, 22 November 2018 banyak yang turun ke sawah/ladang untuk mempersiapkan lahan yang akan ditanami padi dan palawija.

Sejumlah petani rela mengerjakan garapannya ke petani lain untuk membantu ladang mereka agar bisa ditanami.

Selanjutnya, petani lain pun juga tidak kalah mempersiapkan lahannya untuk di tanami cabai merah yang biasanya bisa menghasilkan hasil yang lebih daripada ditanami palawija lain.

Peralihan juga dialami petani lain yang semula di tanami padi dan palawija, sekarang beralih menjadi petani cabai merah yang penghasilannya bisa sampai jutaan ataupun ratusan juta rupiah.

Menurut beberapa petani, ada yang menyatakan , “Sekarang lebih enak di alihkan ke cabai merah walaupun modal awal bisa mencapai jutaan rupiah tapi hasil dari cabai merah bisa sampai 10 kali modal awal”. Kata Zainal

Komoditas Strategis

Kenapa memilih mengembangkan tanaman cabai?

Menurut Suhud, selama ini cabai merupakan salah satu komoditas strategis untuk bisa lebih berkembang dalam swasembada pangan, selain padi dan jagung.

“Menurut pengalaman tahun lalu cabai bisa menghasilkan sampai 10 kali lipat dari modal utama karena daya jual cabai merah ini cukup mahal, tahun kemarin aja rata-rata harga cabai bisa mencapai lebih dari 20 ribu perkilogram serta hasil panennya bisa mencapai minimal 8 kali panen sekali panen bisa mencapai 50 kg – 200 kg, jika ladang yang di tanami itu luas maka hasilnya pun banyak”. Katanya.

Kasno juga menyatakan ,”Saya lebih tertarik menanam cabai merah daripada nanam tanaman lainnya sebab perawatannya lebih menantang dan saat melihat tanaman cabai sudah besar saya merasa melihatnya sangat senang dan saya selalu ingin melihat tanaman cabai setiap saat sampai lupa kegiatan di rumah”, ungkapnya.

Selanjutnya, tanaman cabai merah usai panen akan dilanjutkan ditanami palawija jenis lain guna memanfaatkan pupuk yang berada ditanah bekas cabai. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here