Secuil Pendapat Soal Pesta Demokrasi 2019

0
MUHAMMAD YUNUS TIRO,SH (Caleg DPRD Kab.Maros DAPIL I Turikale Maros Baru) PARTAI GOLKAR

Seyogyanya semua elemen bangsa turut mendorong maksimalnya pemilih menggunakan hak pilihnya. Jika demokrasi adalah sebuah kesepakatan untuk mempergilirkan kekuasaan ketangan – tangan yang sepatutnya,  maka rakyat harus dibangun kesadarannya bahwa merekalah penentu dan pemilik negeri ini dengan memberikan suaranya pada mereka yang layak mewakili suara rakyat.

Jika semua elemen “penguat” demokrasi diam dan membiarkan momentum pemilihan 2019 lewat begitu saja, tanpa perjuangan bersama untuk sebuah kemaslahatan negeri tercinta dengan cara memilih orang baik yang pantas mengembang amanah. Maka anda telah berbuat zalim terhadap ibu pertiwi dan menzalimi diri sendiri dengan membiarkan orang – orang jahat mengisi politik yang mengatur urat nadi kehidupan kenegaraan bangsa ini.

Salah satu perwujudan keterlibatan rakyat dalam proses politik adalah pemilihan umum. Pemilu merupakan sarana bagi rakyat untuk ikut menentukan figure dan arah kepemimpinan negara dalam periode waktu tertentu. Ide demokrasi yang menyebutkan bahwa dasar penyelenggaraan negara adalah kehendak rakyat merupakan dasar bagi penyelenggaraan pemilu. Maka ketika demokrasi mendapatkan perhatian yang luas dari masyarakat dunia, penyelenggaraan pemilu yang demokratis menjadi syarat penting dalam pembentukan kepemimpinan sebuah negara.

Pemilu memiliki fungsi utama dalam hal sirkulasi elit yang teratur dan berkesinambungan. Sebuah kepemimpinan yang lama tanpa dibatasi periode tertentu, dapat menjurus  pada kepemimpinan yang korup dan sewenang – wenang. Banyak contoh dalam sejarah dunia yang memperlihatkan betapa kekuasaan yang absolut, tanpa pergantian elit yang teratur dan berkesinambungan, mengakibatkan daya kontrol melemah dan kekuasaan menjadi korup dan sewenang-wenang.

“Olehnya itu mari membangun demokrasi ini dengan mendorong kualitas dan kuantitas pemilih” (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here